FANI SITI NUR ASIYAH_19680060_TPI2

NAMA       : FANI SITI NUR ASIYAH
NIM          : 19680
MATKUL : TEKNOLOGI PENGOLAHAN INFORMASI 2
PERTEMUAN 9


PEMAHAMAN DAN PENALARAN

1.  Adanya perkembangan media digital salah satunya yang terwadahi dengan perpustakaan digital apakah sudah tidak membutuhkan barang tercetak? Semisal publikasi buku, jurnal sudah tidak memerlukan publikasi tercetak cukup elektronik ataukah masih diperlukan? Berikan alasan dengan disertai argument yang logis?

       Bahan pustaka yang berupa elektronik sudah sangat membantu dan sangat praktis dengan adanya ini maka bahan pustaka bisa di baca atau di akses secara online. Tetapi masih membutuhkan bahan pustaka yang berupa cetakan dikarenakan bahan pustaka cetak juga sangat efektif untuk para pengguna yang lebih suka membaca hardfile ketimbang softfile. Selain itu juga masih ada orang yang belum bisa memakai teknologi atau gaptek, dengan adanya masalah ini mereka tidakbisa mengaksesnya.
       Contoh perpustakaan = Perpustakaan UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG yang berada di  gedung abdurahman wahid yang bisa di akses hanya dengan datang dan bisa meminjam hardfile, sedangkan yang secara digital bisa di akses di Perpusnas yang bisa di akses secara online atau digital.

2. Beberapa hal yang menjadi topik perhatian isu dalam penerapan perpustakaan digital jelaskan apa yang dimaksud dengan isu2 dibawah ini dan jelaskan sejelas mungkin melalui penjabaran paragraph + diutamakan ada contoh2:

1. Equity of access – the digital divide (kesetaraan akses-kesenjangan digital)
Isu ini adalah suatu kesenjangan dari dampak teknologi yaitu kesenjangan dari ekonomi dan sosial yang terkait dengan suatu akses atau penggunaan suatu teknologi digital. Ketidaksamaan ini adalah dalam akses digital antara individu atau bahkan kelompok. Dapat di simpulkan kesenjangan digital adalah suatu perbedaan pengetahuan akses digital.
Contoh = kesenjangan digital di kota dan di pedesaan yang belum maju atau bahkan gaptek.

2. Interoperability between systems and software (antar muka sistem)
Isu ini adalah tentang bagaimana sistem antar muka yang dimana sistem ini bekerjanya antara pengguna dengan sistem yang ada. Antarmuka ini dapat menerima informasi dari masing masing pengguna.
Contoh = penggunaan googleform untuk suatu survei.

3. User authentification for access to collections (otentifikasi pengguna)
Isu ini adalah tentang bagaimana menunjukan sesuatu yang asli atau bisa di bilang valid bisa juga di sebut suatu proses pembuktian. Dalam otentifikasi ini ada suatu sistem yang meenyediakan kontrol akses untuk mengetahui kenyamanan pengguna.
Contoh = menyediakan keamanan saat login di suatu akun (login gmail akan ada nama atau user dan kata sandi).

4. Information organization (pengorganisasian informasi)
 Isu ini adalah tentang bagaimana mengatur suatu organisasi dengan teknik yang bertujuan menyelaraskan jalan berjalannya organisasi tersebut. Dan infomasi adalah kumpulan fakta yang di kelola dan menjadi suatu yang bermanfaat bagi suatu kelompok atau individu.
Contoh = pengelompokan arsip atau bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai kategori.

5. Interface design (tampilan desain/penyajian konten digital)
Isu ini adalah tentang sistem yang mengatur tampilan suatu aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang bertujuan melancarkan jalannya antarmuka pengguna dengan aplikasi tersebut.
Contoh = laptop, notebook

6. Intellectual property rights (HAKI)
Isu ini adalah tentang hasil kreatifitas dari suatu individu atau kelompok yang menghasilkan suatu produk atau bahan desai produk yang dapat memunculkan hak paten di produk tersebut.
Contoh = desain produk (desain tdari handphone apple dan samsung yang berbeda dan desain tersebut sudah menjadi hak paten)

7. Preservation of digital data over time (perawatan dan pelestarian konten digital)
Isu ini adalah tentang bagaimana merawat suatu konten digital dengan mengembangkan konten tersebut.
Contoh = pengembangan daya simpan konten

8.  Staff re-skilling and training (pelatihan staf dan sumber daya)
Isu ini adalah tentang suatu proses pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan atau bisa juga meningkatkan kinerja juga pengalaman staff.
Contoh = pelatihan perdagangan dalam bentuk desain produk dan pemasaran.

Komentar

Posting Komentar